Tidak harus paham Istilah
Satu pekan kebelakang, saya pernah mengatakan kepada siswa "tidak mungkin membahas kesetimbangan tapi tidak tahu apa maksud istilah setimbang itu sendiri". Dari landasan pemikiran ini maka saya berupaya untuk memberikan penjelasan seputar maksud istilah setimbang, sebisanya. Tidak mau masuk ke pembahasan perihal perhitungan praktis sebelum siswa memahami maksud kesetimbangan itu seperti apa.
Seiring perjalanan pengalaman mengajar, maka saya mengalami kesulitan untuk membuat siswa paham dengan konsep kesetimbangan itu. Alasannya bisa karena saya sendiri yang kurang mampu memvisualkan konsep itu dengan model-model yang mudah dipahami, atau karena banyaknya "pengetahuan pra" yang dibutuhkan untuk memahami konsep kesetimbangan itu. Maksud "pengetahuan pra" di sini yaitu, pengetahuan-pengetahuan yang diperlukan sebagai prasarat untuk bisa memahami konsep kesetimbangan. Misalnya, konsep reaksi, konsep molekul.
Pada pekan ini saya mendapati pandangan saya telah berubah. "Tidak harus tahu maksud istilah, jika tuntutannya adalah kemampuan praktis hitungan misalnya." Berdasarkan pengalaman belajar, pada saat seorang guru menerangkan konsep elektronegativitas yang dikaitkan dengan urutan tata letak unsur-unsur dalam Sistem Periodik Unsur (SPU), yang mana tuntutannya adalah untuk mengetahui bagaimana hubungan antara elektronegativitas dengan susunan unsur. Memang sebaiknya siswa memahami apa maksud elektronegativitas, namun jika menjadikan siswa justru kesulitan maka tidak mengapa tidak diperdalam. Dijelaskan secara umum saja.
Seiring perjalanan pengalaman mengajar, maka saya mengalami kesulitan untuk membuat siswa paham dengan konsep kesetimbangan itu. Alasannya bisa karena saya sendiri yang kurang mampu memvisualkan konsep itu dengan model-model yang mudah dipahami, atau karena banyaknya "pengetahuan pra" yang dibutuhkan untuk memahami konsep kesetimbangan itu. Maksud "pengetahuan pra" di sini yaitu, pengetahuan-pengetahuan yang diperlukan sebagai prasarat untuk bisa memahami konsep kesetimbangan. Misalnya, konsep reaksi, konsep molekul.
Pada pekan ini saya mendapati pandangan saya telah berubah. "Tidak harus tahu maksud istilah, jika tuntutannya adalah kemampuan praktis hitungan misalnya." Berdasarkan pengalaman belajar, pada saat seorang guru menerangkan konsep elektronegativitas yang dikaitkan dengan urutan tata letak unsur-unsur dalam Sistem Periodik Unsur (SPU), yang mana tuntutannya adalah untuk mengetahui bagaimana hubungan antara elektronegativitas dengan susunan unsur. Memang sebaiknya siswa memahami apa maksud elektronegativitas, namun jika menjadikan siswa justru kesulitan maka tidak mengapa tidak diperdalam. Dijelaskan secara umum saja.
Belum ada Komentar untuk "Tidak harus paham Istilah"
Posting Komentar