Guru yang menginspirasi


Dari sekian banyak guru, guru-guru di ruang kelas belajar formal yang menginspirasi saya:
1. Egi Ergiana, S.Pd. SMUN I Baleendah
Inspirasi yang saya peroleh dari beliau: (1) kesungguhan dalam mengajar, tidak sekedar mengajar tapi memberikan yang terbaik untuk mengajar. Secara pribadi, dengan wasilah pengajaran beliau saya mengalami rotasi seratus delapan puluh derajat terhadap pelajaran fisika. Yang tadinya saya kesulitan dan tidak suka dengan fisika, dengan wasilah pengajaran beliau maka saya menjadi senang gemar dengan pelajaran fisika dan menjadikan pelajaran fisika sebagai pelajaran yang membuat saya tertarik sampai saat ini. Dan, dengan kejadian ini maka pelajaran yang menjadi cita rasa saya -yakni kimia- menjadi sangat terbantu. (2) Saya teringat dengan kata-kata dari beliau yang sampai saat ini masih terngiang. "Inilah yang disebut 'layu sebelum berkembang'". Kata-kata yang terlontar pada saat itu di ruang kelas, pada saat mau mengajar dan ternyata para murid saat ditanya materi sebelumnya pada lupa lagi. Kata-kata yang beriringan dengan kekecewaan terhadap sikap para murid yang tidak antusias dengan pelajaran. Terima kasih pak, jazaakallah khair.

2. Dra Syarifah.
Di bawah pengasuhan bu Syarifah, saya mulai menyenangi kimia. Saya merasakan kimia menjadi pelajaran yang ringan dan bisa dikerjakan soal-soalnya. Kimia tampak sebagai pelajaran yang sederhana dan bisa dikerjakan, ringan, simpel tapi saya sangat senang karena pelajarannya berkaitan dengan keseharian, dan mmberikan pencerahan terhadap rahasia bahan-bahan (zat) di sekitar,,
Alhamdulillah, saya pun mendapatkan posisi terhormat dalam bidang kimia di seangkatan jurusan IPA, akhirnya saya bisa juga berprestasi di atas rata-rata..

3. Dr. Sri Mulyani, M.Si.
Dosen UPI yang mengajar kimia fisika 2. Sosok ini memberikan inspirasi: (1) kesungguhan dalam memberikan pengajaran dan (2) memberikan pengajaran begitu sistematis sehingga mudah dipahami
4. Dr. Asep Kadarohman, M.Si.
Dosen UPI mengajar kimia organik 2. Inspirasi yang saya peroleh dari sosok ini yaitu "kata-kata yang memotivasi dan menggebu-gebu, memotivasi agar catatan sesering mungkin dibaca. Baca. Baca." dengan kata-kata itu saya terpengaruh dan saya praktekan dan hasilnya materi pelajaran menjadi terkuasai. Motivasi untuk sesering mungkin membaca pelajaran yang diberikan.


Jazaakumullah khair...

Belum ada Komentar untuk "Guru yang menginspirasi"

Posting Komentar

Postingan Populer

Analogi proses belajar dari belajar sepeda

 Untuk bisa menguasai suatu pelajaran, maka banyakin berlatih ini adalah prinsip-prinsipnya: "bisa karena berlatih, bukan karena menont...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel