Mengapa alkohol jika kena kulit terasa dingin?

Mengapa alkohol jika kena kulit terasa dingin?
pertanyaan ini mungkin terlintas dalam benak kalian. Ingin tau jawabannya??

Inilah alasannya,,menurut apa yang saya ketahui dari pengetahuan kimia:



Kata kunci untuk hal ini berkaitan dengan laju reaksi.

Karena zat ini (alkohol) mudah menguap. Sehingga ketika kena kulit ia segera menguap,,untuk menguap ini butuh energi panas. Energi panas diambil dari kulit. Sehingga terasa dingin kulitnya karena energi panas di kulit berkurang.

Kalau halnya karena menguap, bukankah air juga menguap?? Mengapa air tidak sedingin alkohol??

Hal ini dikarenakan laju penguapan alkohol, laju perubahan dari cair ke gas pada alkohol lebih cepat dari laju penguapan air.  Semakin cepat laju penguapan maka semakin dingin terasa di kulit. Jadi suatu zat yang sangat mudah menguap maka ia akan lebih terasa dingin di kulit.

Contoh: karbondioksida kering. Ia memiliki kecenderungan menjadi gas yang sangat tinggi. Untuk berubah menjadi gas mengambil energi dari lingkungannya , dalam hal ini jika kita pegang berarti kulit kita sebagai lingkungan baginya sehingga kulit kita energi panasnya diambil oleh proses prubahan CO2 padat menjadi gas. Karena laju perubahan menjadi gasnya tinggi maka kulit tearsa dingin bahkan bisa sangat dingin, lebih dingin dari alkohol.
Begitu halnya dengan nitrogen, nitrogen cair memiliki kecenderungan menguap yang sangat tinggi bahkan jauh lebih tinggi dari alkohol. Bagaimana jika nitrogen cair kita pegang? Meskipun saya belum pernah memegangnya  belum melihat langsung nitrogen cair (baru lihat di video), kemungkinan besar nitrogen cair ini akan sangat dingin jika dipegang.

Semakin tinggi kecenderungan menguap suatu zat maka ketika dipegang maka akan terasa dingin, karena laju perubahannya begitu cepat sehingga begitu cepat mengambil energi panas dari permukaan kulit yang tertempeli oleh zat tersebut. Contoh lainnya yang mirip kasusnya dengan alkohol adalah bensin, kalau kita lagi ngisi bensin dan bensinnya kena kulit kita, maka kulit kita terasa dingin.

Jadi, meskipun suhunya alkohol dan suhu bensin itu pada suhu normal kita aktivitas, misal kisaran 30 derajat celcius, apabila kena kulit kita maka akan terasa dingin karena menguap dengan cepat.

Kalau es, karbondioksida kering, nitrogen cair, ia sangat dingin selain karena sifatnya yang laju menguapnya cepat, karena suhunya zat tersebut juga memang pastinya sangat rendah. Kalau es berarti di kisaran nol derajat celcius, kalau es kering (bahasa sundanya = es bul bul) juga suhunya pasti rendah, kalau nitrogen cair pasti suhunya lebih rendah lagi; 

Semoga berguna dan memberikan inspirasi sains

Daily science-notes, 7 Sep 2017*;  
 

Penjelasan versi video bisa disimak di link ini:
https://youtu.be/tp2CLLAPblg


 

Belum ada Komentar untuk "Mengapa alkohol jika kena kulit terasa dingin?"

Posting Komentar

Postingan Populer

Analogi proses belajar dari belajar sepeda

 Untuk bisa menguasai suatu pelajaran, maka banyakin berlatih ini adalah prinsip-prinsipnya: "bisa karena berlatih, bukan karena menont...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel