Memunculkan Rasa Butuh Ketika akan menyampaikan ilmu

 Bismillah...
alhamdulillah, pagi ini dapat ilmu tentang mengajar.


Jujur di fase ini sedang agak bingung ketika menyampaikan pembelajaran di kelas, karena di kurikulum merdeka ini salah satu spiritnya yaitu "kenali kebutuhan belajar murid" 
dan pada prakteknya saya sangat kesulitan dan melihat suatu yang sulit di lapangan.
Karena murid bisa sangat tidak butuh dengan pelajaran yang saya sampaikan, murid bisa jadi butuhnya adalah tidur atau membaca buku yang menarik baginya atau pelajaran yang disukainya.
Jadi mengimplementasikan kalimat "berikan pembelajaran sesuai kebutuhan belajar murid" ini sangat sulit dalam prakteknya.
Seolah murid dipandang sudah dewasa dan sudah matang kepribadiannya sehingga tau mana yang dibutuhkannya mana yang tidak dibutuhkannya.

Alhamdulillah, di pagi ini sambil ngeprint latihan soal sambil cari cari video pembelajaran, dapatlah ilmu yang sangat menakjubkan. Jadi, ketika menyampaikan ilmu, maka yang harus dilakukan guru adalah "memunculkan rasa butuh" terhadap pelajaran itu. Jadi guru ketika akan menyampaikan ilmu harus melakukan cara upaya agar siswa merasa butuh terhadap ilmu yang akan disampaikan.

Subhanallah, ilmu ini sangat sangat sangat sangat mencerahkan. dan ini bisa sangat realistis dengan keadaan yang dihadapi. Jadi ternyata guru itu bukannya pasif mengenali rasa butuh murid apa adanya, akan tetapi seorang guru harus aktif dan mampu membuat rasa butuh itu pada hati murid sehingga murid mau belajar. 

MasyaAllah....ilmu ini sangat sangat sangat mencerahkan sekali...
Alhamdulillah...Alhamdulillah...Alhamdulillah....

 

Belum ada Komentar untuk "Memunculkan Rasa Butuh Ketika akan menyampaikan ilmu "

Posting Komentar

Postingan Populer

Analogi proses belajar dari belajar sepeda

 Untuk bisa menguasai suatu pelajaran, maka banyakin berlatih ini adalah prinsip-prinsipnya: "bisa karena berlatih, bukan karena menont...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel