Bayangan nyata dan bayangan maya


Apa sih yang dimaksud dengan bayangan nyata itu? Apa yang dimaksud dengan bayangan maya itu?

Pertanyaan itu pernah singgah beberapa pekan di dalam benakku. Saat saya berprofesi sebagai wali asrama di SMPIT AsSyifa Boarding School Subang. Saat saya memegang kamar kelas 9. Kebetulan kelas 9 sedang disibukkan dengan persiapan UN jadi mereka disibukkan dengan bimbingan belajar dan try out. Saya suka inisiatif mengajar ke anak-anak sedikit-sedikit sekedar apa yang saya tahu. Fisika adalah pelajaran kedua yang saya sukai setelah kimia. Tapi kesukaan saya pada fisika baru muncul dan berkembang saat saya kelas 3 SMU karena -wasilah- gurunya yang sangat menginspirasi saya. Karena kesukaan saya pada fisika baru muncul di kelas 3 SMA saat itu (tahun 2002) jadi pelajaran SMP masih harus dibaca lagi kalau ingin mengerti.

Nah sekarang saya tahu jawabannya tentang bayangan nyata dan bayangan maya:
Bayangan maya adalah bayangan yang tidak bisa tertangkap oleh layar. Ya begitu bahasanya di beberapa buku. Beberapa buku mengatakan "tidak bisa tertangkap oleh layar". Tapi saya juga masih belum mengerti apa maksudnya. Nah ini contoh konkrit tentang maksud tidak bisa tertangkap oleh layar itu: coba teman-teman bercermin di cermin datar, ya cermin yang biasa ada di rumah kita. Misal jarak kita terhadap cermin adalah 20 cm. Tentu saja kita bisa melihat dengan jelas di belakang cermin itu ada bayangan kita. (Ya namanya juga cermin, itu salah satu pekerjaan utamanya). Tapi.... Tapi....Tapi.... ingin tahu apa tapinya?? Nah coba dibelakang cermin itu kita simpan kertas putih atau apa saja yang penting bukan hitam, atau dengan telapak tangan kita juga boleh letakkan 20 cm di belakang cermin. Adakah bayangan terlihat di kertas atau di telapak tangan kita??? Ternyata tidak ada ..... ya itulah maksud bayangan semu atau bayangan maya.  Bayangan itu tampak ada saat kita bercermin tapi ternyata bayangan itu tidak ada pas kita cari di belakang cermin itu. Itulah maksud bayangan maya atau bayangan semu.

Sekarang bagaimana maksud bayangan nyata:
Contoh bayangan nyata atau maksud bayangan nyata itu seperti apa. Silakan teman-teman coba berdiri di bawah sinar matahari kemudian kita lihat kan ada bayangan kita di tanah atau di dinding (jika kita sedang berdiri di dekat dinding). Nah itulah maksud bayangan nyata. Itu maksud bayangan "Bisa ditangkap oleh layar". Bayangan kita bisa terlihat di tanah atau bayangan kita bisa terlihat ada di dinding. Bayangan memang ada.

Ini adalah pengetahuan yang saya peroleh dari membaca beberapa buku atau artikel. Semoga bermanfaat.
Silakan teman-teman cari lagi referensinya supaya lebih meyakinkan.
 
Untuk bantuan penjelasan versi video bisa dilihat di link youtube ini:
 
Semoga bermanfaat..... (:





21 Komentar untuk "Bayangan nyata dan bayangan maya"

  1. apa sih yng dimaksud dibelakang cermin om.yang bagian ini Tentu saja kita bisa melihat dengan jelas di belakang cermin itu ada bayangan kita.

    BalasHapus
  2. maksudnya di belakang cerminnya...... bukan dilihat di cermin

    BalasHapus
  3. makasih min bermanfaat sekali :)

    BalasHapus
  4. sama-sama. saya senang jika artikel ini bermanfaat

    BalasHapus
  5. jika letak benda dekat dari cermin cekung, bayangan yang terbentuk semu, lebih besar, dan tegak.
    jika letak benda jauh dari cermin cekung, bayangan yang terbentuk nyata (sejati) dan terbalik.
    Ini benar-benar membingungkan untuk menjelaskan pada anak kelas V SD.
    Mohon bantuan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba trik jitu yang insyaallah akan amat menjadikan jelas maksudnya: lakukan praktek langsung dg cermin cekung. Apalagi kelas 5 sd memang harus lebih dibantu dg media pembelajarannya.
      Coba ya, insyaallah langsung tau apa maksudnya.
      Mudah mudahan ada cermin cekung di sekolahnya jadi tidak usah beli dulu,, memang untuk ilmu -kata imam syafi'i- yg dibutuhkan salahsatunya adalah dana... slamat mencoba dan saksikan hasilnya,,
      Semoga membantu

      Hapus
    2. Tidak perlu bingung mbak, khusus utk cermin cekung memang agak istimewa. Krn bayangan yg akan terbentuk itu tergantung dimana objek/benda tsb berada. Wilayah utk cermin cekung ada 3 Ruang 1, ruang 2, ruang 3 yg berada di depan cermin dan ruang 4 yg berada di belakang cermin. Masing2 ruang akan menghasilkan bayangan yg berbeda tergantung posisi benda di hadapan cermin cekung tsb. Silahkan dibaca2 lagi mengenai bayangan yg terbentuk pada cermin cekung berdasarkan posisi benda dihadapan cermin. Yg sy ingat, ruang 1 itu berada pada titik pusat kelengkungan cermin sampai titik fokus. Ruang 2 terletak pada titik fokus sampai titik pusat. Ruang 3 terletak pada titik pusat sampai wilayah tak terhingga. Jk benda di ruang 1 maka bayangan yg terbentuk maya, tegak dan diperbesar. Jika benda di ruang 2 maka bayangan yg terbentuk nyata, terbalik dan diperbesar. Sedangkan jk benda berada di ruang 3 maka bayangan yg terbentuk akan nyata, diperkecil dan terbalik. Trm ksh..

      Hapus
  6. sangat mudah dimengerti, daripada bahasa buku. Makasiiii,,,, banyak...........

    BalasHapus
  7. Terimakasih atas penjabarannya.. Komukatif sekali, saya lebih paham 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama....
      alhamdulillah, soalnya pas saya posting artikel ini saya juga baru ngerti....baru ngerti maksud bayangan nyata bayangan maya yang dulu pas sekolah dipelajari, dulu pas belajar saya tidak ngerti maksudnya apa...

      jadi saya posting

      Hapus
  8. Meski belum terlalu paham, tapi artikelnya cukup membantu. Terima kasih..

    BalasHapus
  9. @Halim Diah, sekarang sudah ada versi videonya juga. Barangkali bisa menjadi lebih memperjelas

    BalasHapus
  10. @Pro Fakta, contoh gambarnya sudah ada sekarang. Dan sudah dibuat pejelasan versi video juga. Smoga tambah membantu kejelasan.

    BalasHapus

Postingan Populer

Analogi proses belajar dari belajar sepeda

 Untuk bisa menguasai suatu pelajaran, maka banyakin berlatih ini adalah prinsip-prinsipnya: "bisa karena berlatih, bukan karena menont...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel