Mengapa kerupuk jadi lembek

Mengapa kerupuk yang dibiarkan di ruangan lama kelamaan menjadi lembek? Tapi kalau disimpannya di dalam wadah yang tertutup rapat tidak lembek?

Sebaliknya mengapa kalau nasi yang disimpan agak lama, lama kelamaan menjadi kering nasi itu?

Jawab:
Dua-duanya karena air. (H2O).
Di udara ada kandungan uap airnya. Ketika ada kerupuk maka tentu saja uap air ini juga ingin membasahi kerupuk. Makanya lama kelamaan kerupuk menjadi lembek. Lembek itu karena air yang ada di udara menempel di kerupuk.

Tapi kalau nasi malah sebaliknya? Karena nasi sudah mengandung air, ketika dibiarkan lama kandungan air dalam nasi ini menguap ke udara. Semakin lama karena air itu menguap maka kandungan air dalam nasi semakin berkurang. Makanya nasi menjadi kering karena kandungan airnya berkurang dari pas maasih segar.

Mengapa terjadi dua kejadian yang bertolak belakang seperti itu?
Sebenarnya kedua-duanya sama dikarenakan partikel-partikel itu selalu ingin homogen, selalu ingin sama di setiap tempat. Menyamaratakan keadaan.

Mengapa uap air menempel di kerupuk karena di kerupuk kekurangan air sehingga beberapa bagian uap air yang ada di udara menempel di kerupuk (karena kerupuk kekurangan air; atau kandungan air di udara lebih besar dari kandungan air di kerupuk)

Mengapa nasi menjadi kering? Karena kandungan air di dalam nasi lebih banyak dari kandungan air di udara makanya air dalam nasi menguap ke udara.

Ya mirip perpindahan udara, mengapa ada angin ke sana kemari karena mereka ingin menyamaratakan keadaan.

Mengapa air dingin dicampur air panas suhunya menjadi di pertengahan keduanya karena mereka ingin menyamaratakan keadaan.

Subhaannallaah...
semoga bermanfaat


Belum ada Komentar untuk "Mengapa kerupuk jadi lembek"

Posting Komentar

Postingan Populer

Analogi proses belajar dari belajar sepeda

 Untuk bisa menguasai suatu pelajaran, maka banyakin berlatih ini adalah prinsip-prinsipnya: "bisa karena berlatih, bukan karena menont...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel