Kemampuan Imajinasi dan Kemampuan Praktis

Dari pengalaman mengajar di SMK sejak 8 Februari 2010, mendapatkan pengetahuan: Bahwa kemampuan siswa yang harus diperhatikan adalah kemampuan imajinasi dan kemampuan praktis. Kemampuan imajinasi yang saya maksud yaitu kemampuan membayangkan suatu konsep kimia. Kemampuan praktis yang saya maksud yaitu kemampuan mengerjakan suatu soal kimia seperti berhitung soal (meskipun tidak tahu konsep fisisnya).

Kemampuan praktis
Sebagai contoh, siswa yang diajarkan tentang volume molar gas dengan  diberikan informasi bahwa volume molar gas pada keadaan STP yaitu 22,4 L/mol. Kemudian diberikan rumus Vstp = mol x 22,4 L/mol. Kemudian dilatih dengan cara diberikan soal berkenaan rumus ini. Dan ternyata siswa kebanyakan bisa mengerjakannya meskipun tidak tahu konsep fisisnya. Maksud "tidak mengerti konsep fisisnya" yaitu, misal tidak mengetahui apa maksud penulisan 22,4 L/mol itu dan bagaimana gambaran fisik dari soal itu.

Belum ada Komentar untuk "Kemampuan Imajinasi dan Kemampuan Praktis"

Posting Komentar

Postingan Populer

Fokus

 Lebih baik sedikit tapi fokus daripada banyak tapi tidak jelas arah Selalu cek dan kendalikan fokus aktivitas agar aktivitas fokus pada hal...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel